PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI OBAT DI PUSKESMAS MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 (Studi Kasus Di Puskesmas Maospati Kabupaten Magetan)

SUPARMI, SUPARMI (2014) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI OBAT DI PUSKESMAS MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 (Studi Kasus Di Puskesmas Maospati Kabupaten Magetan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN,BAB I, DAFPUS Suparmi.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II-VI suparmi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK Suparmi, 2014, Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Distribusi Obat di Pukesmas Maospati Kabupaten Magetan dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0. Pusat Farmasi dan Alat Kesehatan bertanggung jawab terhadap pengelolaan obat-obatan dan alat kesehatan yang meliputi perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, penggunaan serta pencatatan dan pelaporan. Karena begitu pentingnya peran Pusat Farmasi dan Alat Kesehatan dalam mengatur ketersediaan obat-obatan publik, maka kegiatan pengelolaan obat menjadi hal yang sangat vital. Dari latar belakang tersebut, masalah yang diangkat dalam penulisan tugas akhir ini adalah bagaimanakah pengolahan data obat-obatan di Pusat Farmasi dan Alat Kesehatan dalam hal penerimaan, pengeluaran (pendistribusian), pencatatan dan pelaporan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan perancangan dan pembuatan sistem informasi distribusi obat dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan database menggunakan Microsoft Acces. Dengan sistem informasi yang baru ini diharapkan dapat diperoleh beberapa keuntungan antara lain : a). Kecepatan dan keakuratan penyajian data, b). Ketelitian proses penghitungan data dan c). Meminimalkan human error. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sistem informasi obat yang baru mampu menghasilkan informasi yang lebih baik dibandingkan sistem pengolahan data obat yang sedang berjalan dan pengolahan data akan lebih terkontrol karena adanya pembagian level pemakai. Saran yang dapat diberikan adalah penggunaan sistem informasi distribusi obat yang baru dapat dilakukan, karena sudah ada tenaga yang mempunyai dasar pengetahuan dalam mengoperasikan komputer, adanya fasilitas komputer yang cukup mendukung, untuk menjawab kebutuhan informasi tentang keadaan obat dan perancangan dan pembuatan sistem informasi ini dapat diterapkan di Pusat Farmasi dan Alat Kesehatan di Pukesmas Maospati Kabupaten Magetan. Kata kunci : Sistem Informasi, Distribusi Obat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Yolan Priatna
Date Deposited: 12 Apr 2014 01:47
Last Modified: 12 Apr 2014 01:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item