PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIM PUCANGANAK TUGU TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012

MUHAJIRIN, MUHAJIRIN (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V MIM PUCANGANAK TUGU TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-muhajirin-41-1-abstrak-1.pdf

Download (881kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

pada Siswa Kelas V MIM pucanganak Tugu Trenggalek”. Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar adalah mata pelajaran yang terdiri atas sub aspek; Al-Qur’an, Akidah, Tarikh (sejarah), Fikih, dan Akhlak. Dengan demikian pelajaran PAI di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang integral (berhubungan satu sama lain). Sub aspek Fiqih pada mata pelajaran PAI memiliki kepentingan tersendiri dalam kaitannya dengan pengenalan kitab-kitab Allah agar dapat dimengerti oleh peserta didik atau siswa di tingkat Sekolah Dasar. Sehubungan dengan hal tersebut kedudukan guru dalam proses pembelajaran sebagai mediator amat sangat berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa-siswanya. Dari pengamatan awal (pra siklus) diketahui bahwa aktivitas siswa terkesan monoton dan hasil belajar siswa berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yakni sebesar 65. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dimaksud guru harus menggunakan metode yang selektif, efektif dan efisien supaya hasil yang diharapkan dapat maksimal. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tindakan yang dimunculkan pada mata pelajaran PAI di kelas V MIM Pucanganak Tugu Trenggalek, adalah “penggunaan metode Make a Match”. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu pada siklus I 85 % siswa tuntas belajarnya dan 15 % tidak tuntas belajarnya.Sedangkan pada siklus II 100 % siswa tuntas belajarnya. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIM Pucanganak Tugu Trenggalek. Berdasarkan kesimpulan ini, maka disarankan kepada rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan metode pembelajaran terbaru seperti metode Make a Match supaya suasana pembelajaran bisa hidup, bervariasi dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Make a Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 19 Sep 2016 07:27
Last Modified: 19 Sep 2016 07:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item