PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA MATERI QURBAN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEMUNING IV KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Nasir, Muhammad (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA MATERI QURBAN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEMUNING IV KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-muhnasir-40-1-abstrak-1.pdf

Download (291kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar fiqih setelah menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) pada materi qurban pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2010/2011. SKRIPSI, Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), sehingga metode yang digunakan adalah metode proses. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua silkus, yang setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Tempat penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan dengan subjek penelitian 12 siswa. Pengumpulan data PTK ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Dari pelaksanaan siklus diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rat-rata tes siklus I dan tes siklus II setelah siswa memperoleh pembelajaran dengan metode Numbered Heads Together (NHT) pada materi qurban dari 67,0 pada siklus I menjadi 87,0 pada siklus II. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar fiqih pada materi qurban melalui metode Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2010/201. Kata kunci: Prestasi Belajar, Metode Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Sep 2016 22:28
Last Modified: 17 Sep 2016 22:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item