PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI NGUNUT KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO

FATKUL KHOIRI, MUHAMMAD (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI NGUNUT KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-muhfatkulk-39-1-abstrak-1.pdf

Download (591kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tawaran dalam solusi masalah pendidikan sebagian besar yang diperbincangkan adalah tertuju pada managemen pendidikan dan sedikit yang tertuju pada sistem pembelajaran paradigma baru. Terciptanya model-model pembelajaran yang menjadi tawaran dalam sistem pembelajaran paradigma baru adalah suatu upaya pembenahan sistem belajar yang terjadi pada diri siswa untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada saat ini. Demikian pula meyakini bahwa kebanyakan orang, belajar akan sangat efektif jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Salah satu masalah yang timbul di SD Negeri Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo adalah kurangnya partisipasi dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini berdampak hasil prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kurang maksimal. Model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match merupakan salah satu strategi untuk mengatasi hal tersebut, dan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang terlihat pada hasil tes siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 73% menjadi 78% pada siklus II, sedangkan ketuntasan pada siklus I adalah 56% meningkat menjadi 88% pada siklus II, sedangkan menurut hasil observasi aktivitas, minat, dan sikap siswa dari kurang menjadi sedang dan akhirnya menjadi baik. Dengan adanya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo maka penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match dapat digunakan untuk pembelajaran materi pelajaran yang lain. Kata Kunci : Metode Index Card Match, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Sep 2016 22:41
Last Modified: 17 Sep 2016 22:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item