IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING (BELAJAR CEPAT) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AKSELERASI SATU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PONOROGO

Dzulfikar, Dafiki (2013) IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING (BELAJAR CEPAT) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AKSELERASI SATU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MTsN Ponorogo kelas Akselerasi I peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumen tertulis. Selanjutnya penulis tertarik mengadakan penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ponorogo dimaksudkan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab dengan menerapkan pembelajaran Accelerated Learning dengan metode Active Learning di kelas Akselerasi satu. Sehingga hasil prestasi siswa dalam dokumentasi MTsN Ponorogo sangat bagus. Dari hasil itulah sistem pembelajaran tersebut diharapkan membantu daya serap materi pembelajaran Bahasa Arab lebih cepat, efektif dan efisien diterapkan dalam memenuhi kompetensi dasar di kelas Akselerasi satu. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana penerapan Accelerated Learning di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo, cara mengatasi kendala dalam menerapkan Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo dan Bagaimana prestasi siswa dari penerapan Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi pembelajaran Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo sudah berjalan lancar dengan adanya penggunaan metode Active Learning, didukung dengan 4 metode pokok Bahasa Arab yaitu metode IstimaÂ’, Al-Kalam, Al-Qiroah dan metode Al-Kitabah. Kemudian Kendala- kendala pembelajaran Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo sudah teratasi yaitu dengan menerapkan pendampingan dan klinik belajar. Sedangkan Prestasi belajar kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo memuaskan. Terbukti dengan adanya peningkatan dari nilai rata-rata 71,33 menjadi 82,9. Bahkan daya serap peserta didik juga meningkat dari 94,44 menjadi 100. Ini membuktikan bahwa prestasi siswa dengan menggunakan pembelajaran Accelerated Learning berhasil dan layak dijalankan. Deskripsi Alternatif : Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MTsN Ponorogo kelas Akselerasi I peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumen tertulis. Selanjutnya penulis tertarik mengadakan penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ponorogo dimaksudkan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab dengan menerapkan pembelajaran Accelerated Learning dengan metode Active Learning di kelas Akselerasi satu. Sehingga hasil prestasi siswa dalam dokumentasi MTsN Ponorogo sangat bagus. Dari hasil itulah sistem pembelajaran tersebut diharapkan membantu daya serap materi pembelajaran Bahasa Arab lebih cepat, efektif dan efisien diterapkan dalam memenuhi kompetensi dasar di kelas Akselerasi satu. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana penerapan Accelerated Learning di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo, cara mengatasi kendala dalam menerapkan Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo dan Bagaimana prestasi siswa dari penerapan Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi pembelajaran Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo sudah berjalan lancar dengan adanya penggunaan metode Active Learning, didukung dengan 4 metode pokok Bahasa Arab yaitu metode IstimaÂ’, Al-Kalam, Al-Qiroah dan metode Al-Kitabah. Kemudian Kendala- kendala pembelajaran Accelerated Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo sudah teratasi yaitu dengan menerapkan pendampingan dan klinik belajar. Sedangkan Prestasi belajar kelas Akselerasi Satu MTsN Ponorogo memuaskan. Terbukti dengan adanya peningkatan dari nilai rata-rata 71,33 menjadi 82,9. Bahkan daya serap peserta didik juga meningkat dari 94,44 menjadi 100. Ini membuktikan bahwa prestasi siswa dengan menggunakan pembelajaran Accelerated Learning berhasil dan layak dijalankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 19 Sep 2016 07:54
Last Modified: 19 Sep 2016 07:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item