“PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA KELAS IV DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

BUDIYANTO, BUDIYANTO (2013) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA KELAS IV DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-budiyanto-243-1-bab1&-.pdf

Download (706kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Pembelajaran yang monoton dengan pola konvensional yang sering digunakan oleh guru dalam setiap pembelajaran ternyata dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang sempurna. Hal ini disebabkan karena dalam setiap pembelajaran jika menggunakan metode konvensional dapat menjadikan siswa kurang mempunyai semangat dan motivasi belajar yang tinggi saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran maka salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode Word Square, dengan metode ini kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan menyenangkan. Rumusan masalah yang dilakukan oleh peneliti dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode word square pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MI-Albarokah Purwantoro.. 2) Apakah metode word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Al-Barokah Purwantoro. 3) Apa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan metode word square pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IV MI Al-Barokah Purwantoro. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan metode Word square di MI Al-Barokah Purwantoro. Metode Word Square merupakan metode pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban dalam kotak-kotak jawaban. Cara penerapanya dalam pembelajaran adalah dengan membuat uji kompetensi dengan bentuk kotak-kotak seperti teka teki silang. Selain itu metode ini juga bisa dikombinasikan dengan metode pembelajaran yang lain agar lebih menarik. Sesudah diterapkannya metode Word square dalam pembelajaran, diperoleh hasil yang sangat efektif. Hasil tindakan pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awalnya yang hanya 24% siswa yang hasil belajarnya sesuai kriteria ketuntasan belajar menjadi 76%, sedangkan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90% siswa.Untuk itu penggunaan metode Word square mempunyai pengaruh yang besar dan dampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 19 Sep 2016 07:58
Last Modified: 19 Sep 2016 07:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item