PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT ANAK UNTUK BELAJAR AL-QUR’AN DI TPA NURUL SYBYAN DUKUH BEDOG DESA WATES KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2013

SAYD, NUR ROHMAN (2014) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT ANAK UNTUK BELAJAR AL-QUR’AN DI TPA NURUL SYBYAN DUKUH BEDOG DESA WATES KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Anak merupakan amanat yang dipercayakan Allah kepada orang tua dan sebagai kewajiban orang tua dan juga menjadi hak anak adalah untuk mendapatkan pendidikan. Semua orang tua pasti akan menginginkan agar anak-anaknya kelak menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah yang selalu beriman dan taat kepada ajaran agama Islam serta dapat hidup bahagia dunia akhirat. TPA Nurul Sybyan sebuah lembaga pendidikan nonformal yang semakin tahun jumlah santrinya semakin berkurang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua untuk menumbuhkan minat anak belajar Al-Qur’an di TPA Nurul Sybyan Dukuh Bedog Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo, (2) Untuk mengetahui adakah minat anak untuk belajar Al-Qur’an di TPA Nurul Sybyan Dukuh Bedog Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo, (3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi orang tua terhadap minat anaknya untuk belajar Al-Qur’an di TPA Nurul Sybyan Dukuh Bedog Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Obyek penelitian ini adalah seluruh santri TPA Nurul Sybyan Desa Wates Kecamatan Slahung Ponorogo. penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus korelasi kontingensi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa : (1) secara umum motivasi orang tua dikategorikan sedang. Berdasarkan angket terdapat 8 responden (32%) dalam kategori tinggi, 15 responden (60%) dengan kategori sedang, dan 2 responden (8%) dengan kategori rendah (2) minat anak untuk belajar al-Qur’an secara umum dikategorikan tinggi. Berdasarkan angket terdapat 15 responden (60%) minat belajarnya termasuk dalam kategori tinggi, 8 responden (32%) siswa yang motivasi belajarnya termasuk dalam kategori sedang, dan 2 responden (8%) siswa yang motivasi belajarnya termasuk dalam kategori rendah (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi orang tua terhadap minat anak untuk belajar al-Qur’an di TPA Nurul Sybyan dukuh Bedog desa Wates kecamatan Slahung kabupaten Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan Derajat Kebebasan (db) 23 dan 1% yakni 0,505 maka angka koefisien dari hasil penelitian lebih besar dari koefisien dalam tabel harga kritik (0,557 > 0,505) sehingga Hipotesis Alternatif yang berbunyi : “ada pengaruh motivasi orang tua terhadap minat anak untuk belajar al-Qur’an di TPA Nurul Sybyan dukuh Bedog desa Wates kecamatan Slahung kabupaten Ponorogo tahun 2013 diterima. Dengan berpijak pada data diatas, maka penulis menyarankan orang tua selalu memotivasi anaknya untuk terus menumbuhkan jiwa agama terutama belajar al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 12 Apr 2014 03:08
Last Modified: 12 Apr 2014 03:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item