DESAIN PENERAPAN TEORI BURNER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III DAN IV

KHASANAH, SITI USWATUL (2012) DESAIN PENERAPAN TEORI BURNER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III DAN IV. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-sitiuswatu-148-1-abstrak-1.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Tingkat berfikir anak pada usia sekolah dasar memiliki tiga ciri yaitu: 1). Konkrit; Konkrit mengandung makna proses belajar beranjak dari hal-hal yang konkrit yakni yang dapat dilihat, didengar, dibaui, diraba, dan diotak-atik, dengan titik penekanan pada pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. 2). Integratif; Pada tahap usia sekolah dasar anak memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif yakni dari hal umum ke bagian demi bagian. 3). Hierarkis; Pada tahapan usia sekolah dasar, cara anak belajar berkembang secara bertahap mulai dari hal-hal yang sederhana ke hal-hal yang lebih kompleks. Oleh karena itu kegiatan belajar peserta didik harus disesuaikan dengan tahap berfikirnya. Burner menyatakan bahwa terdapat 3 tahap pemahaman yaitu; tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik. Selanjutnya dalam proses pembelajaran sebaiknya membuat desain pembelajaran untuk memudahkan guru dalam proses mengajar, karena desain pembelajaran merupakan proses keseluruhan tentang kebutuhan dan tujuan belajar serta sistem penyampaiannya.Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah;bagaimanakah desain pembelajaran penerapan teori burner pada materi pecahan di SD? Jadi tujuan penelitian ini adalah; Ingin membuat desain pembelajaran matematika dengan penerapan teori burner pada materi pecahan di SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitiannon-eksperimental yaitu penelitian dimana subyeknya tidak diberi perlakuan tetapi diukur pemilikan sifat-sifatnya (variabel) tertentu. Jadi dalam penelitian ini peneliti tidak mengujicobakan hasil penelitian pada subjeknya. Disini peneliti cuma membuat desain/rancangan/langkah-langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:20
Last Modified: 27 Sep 2016 07:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item