PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 1 KECAMATAN MLARAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MUKAROMAH, SITI (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 1 KECAMATAN MLARAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-sitimukaro-145-1-abstrak-i.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa di SMPN 1 Kecamatan Mlarak yang belum tertangani dengan baik. Melalui studi pendahuluan oleh peneliti dengan melakukan pengamatan terhadap proses dan hasil belajar siswa di kelas VII SMPN 1 Kecamatan Mlarak diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Belum ada partisipasi aktif siswa dalam menemukan sendiri makna dari pengertian matematika yang mereka pelajari, sehingga siswa kesulitan menggunakan penalarannya dalam menyelesaikan masalah matematika yang lebih kompleks, mereka hanya bisa menyelesaikan soal-soal serupa dengan contoh yang diberikan oleh guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kecamatan Mlarak rendah, serta banyak yang mengikuti remidial; 2) Penggunaan tes uraian untuk mengidentifikasi kemampuan penalaran matematis siswa belum digunakan secara efektif karena alasan teknis pelaksanaan, waktu, serta banyaknya murid pada tiap kelas sebagai kendala; 3) Strategi pembelajaran yang digunakan guru belum optimal untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa karena pembelajaran masih terpusat pada guru (Teacher Center). Oleh karena itu, guru harus menentukan strategi pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematisnya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kecamatan Mlarak tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi REACT. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara acak karena diasumsikan tiap kelas memiliki rata-rata kemampuan penalaran dan komunikasi matematis sama, dan kelas yang terpilih untuk penelitian ini yaitu kelas VII E yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dilihat dari hasil tes akhir siklus setiap siswa, sedangkan observasi pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan oleh guru matematika kelas VII SMPN 1 Kecamatan Mlarak yang bertindak sebagai observer saat pelaksanaan tindakan berlangsung. Data hasil observasi diperkuat dengan hasil dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data hasil tes dan observasi pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan statistik sederhana yaitu mencari persentase dari nilai keseluruhan hasil tes dan observasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Kecamatan Mlarak mengalami peningkatan setelah melaksanakan pembelajaran melalui strategi REACT. Berdasarkan hasil jawaban tes setiap siswa, kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari 52.22% pada siklus I menjadi 76.53% pada siklus II. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari 59.88% pada siklus I menjadi 71.33% pada siklus II. Sementara itu berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru matematika kelas VII SMPN 1 Kecamatan Mlarak, pelaksanaan pembelajaran matematika melalui strategi REACT juga mengalami peningkatan dari 75.71% pada siklus I menjadi 83.33% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:23
Last Modified: 27 Sep 2016 07:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item