PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KEC. SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

HANDAYANI, RULI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KEC. SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-rulihanday-144-1-abstrak-1.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika, serta guru belum melakukan variasi model pembelajaran sehingga membuat sebagian siswa merasa malas dan kurang merespon dalam proses pembelajaran matematika secara aktif. Hal ini disebabkan pembelajaran kurang melibatkan kerjasama siswa. Sehingga menyebabkan siswa sulit memahami materi yang disampaikan dan mempengaruhi pencapaian hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kec. Siman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 kurang maksimal. Oleh karena itu perlu model pembelajaran baru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, salah satunya melalui penerapan model pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction). Berdasarkan permasalahan diatas ada dua tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dan respon siswa, kelas VIII E SMP Negeri 1Kec. Siman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team accelerated instruction). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kec. Siman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 33 siswa, laki-laki 19 dan perempuan 14. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan data tentang respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan dikumpulkan dengan kuesioner. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1Kec. Siman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 65,00 kemudian naik menjadi 80,78 pada siklus II. Ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 61,29 % dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 87,5 %. Respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan cukup tinggi. Pada siklus I respon siswa yang setuju adalah 76,89%, kemudian naik menjadi 86,25% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:25
Last Modified: 27 Sep 2016 07:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item