PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS VII-D SMPN 1 KECAMATAN BALONG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ASTUTI, RIDHO TRIPUJI (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS VII-D SMPN 1 KECAMATAN BALONG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-ridhotripu-143-1-abtrak+-1.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran aktif merupakan suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Siswa dituntut untuk selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan belajar. Dalam kenyataannya yang terjadi di SMP N 1 Kec.Balong kelas VII-D adalah keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat masih kurang. Selain itu siswa jarang mengajukan pertanyaan jika ada materi pelajaran yang belum dipahami. Apabila masalah ini dibiarkan berlarut-larut tentu akan berpengaruh pada pembelajaran matematika pada materi selanjutnya. Karena pembelajaran berpusat pada guru maka siswa menjadi pasif. Hal ini bisa terjadi karena siswa hanya mendengar, melihat dan mencatat. Agar belajar matematika menjadi bermakna maka tidak cukup hanya dengan mendengar, melihat dan mencatat apa yang ada dipapan tulis dan apa yang didengar, tetapi harus melakukan aktifitas (membaca, bertanya, menjawab, berpendapat, mengerjakan, mengomunikasikan, presentasi diskusi, dll). Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa menuju peningkatan mutu pendidikan diperlukan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah strategi peer lessons. Rumusan masalah penelitian sebagai berikut: Apakah penerapan strategi peer lessons dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Kec.Balong?, Bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan strategi peer lessons pada siswa kelas VII SMP N 1 Kec.Balong?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Kec.Balong dengan strategi peer lessons, untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan strategi peer lessons pada siswa kelas VII SMP N 1 Kec.Balong. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Classroom Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP N 1 Kec.Balong tahun ajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa sebanyak 30 anak terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian terdiri dari 2 siklus meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan , observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran secara keseluruhan efektif. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari dua siklus sudah termasuk kategori baik. Persentase hasil belajar siswa yang tuntas atau memenuhi KKM yang sudah ditetapkan (KKM =70) pada siklus I mencapai 66,67% dan siklus II mencapai 80% sedangkan nilai rata-ratanya pada siklus I mencapai 71,3 dan nilai rata-ratanya pada siklus II 74, berarti adanya kenaikan dalam persentase hasil belajar dari siklus I sampai siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan dengan strategi peer lessons dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi segiempat dan segitiga. Secara umum siswa tertarik dengan pembelajaran ini. Hal tersebut dapat dilihat dari respon siswa yang mencapai 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:29
Last Modified: 27 Sep 2016 07:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item