PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI KECAMATAN JETIS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

JAMILA, FITRI (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI KECAMATAN JETIS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-fitrijamil-141-1-abstrak-i.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

matematika siswa masih rendah, hal ini terlihat dari pada proses pembelajaran matematika siswa kurang aktif bertanya ataupun mengemukakan pendapatnya. Padahal aktivitas tersebut mutlak diperlukan untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Karena pentingnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan, baik secara mental, sikap dan sosal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, respon ketertarikan siswa, pengelolaan pembelajaran guru dan prestasi belajar terhadap pembelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Jetis tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E MTs Negeri Jetis yang berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dapat meningkatkan 1). Aktivitas belajar siswa, karena setiap siklusnya terdapat lebih dari atau sama dengan 4 aspek aktivitas siswa yang mendapat kategori efektif dalam pembelajaran matematika. 2). Respon ketertarikan siswa yang ditunjukkan dengan respon siswa mencapai 92,54% dengan predikat “tertarik” terhadap pembelajaran matematika. 3). Pengelolaan kemampuan guru yang dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I mencapai 3,75 sedang siklus II mencapai nilai 4,06, berdasarkan tabel 3.4 pengelolaan kemampuan guru pada siklus I dan siklus II dalam kategori baik. 4). Prestasi belajar Matematika yang dilihat dari adanya kenaikan rata-rata hasil belajar dengan peningkatan sebesar 6,21 atau persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus sebelumnya dengan peningkatan sebesar 10,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:36
Last Modified: 27 Sep 2016 07:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item