NOFITASARI, DESI (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-B MTsN PONOROGO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-desinofita-139-1-abstrak-1.pdf Download (971kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar.Di MTsN Ponorogo, perbedaan tingkat serap antara siswa satu dengan yang lainnya menyebabkan ada siswa yang mendapat nilai tinggi dan ada siswa yang mendapat nilai yang rendah.Siswa yang mendapat nilai rendah ini tidakdapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B MTs N Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2) Meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VIII-B MTs N Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 3) Untuk mengetahui kemampuan pembelajaran kooperatif guru selama model pembelajaran kooperatif tipe STAD tersebut berlangsung. Hasil pre-test menunjukkanbanyak siswa yang memenuhi KKM adalah 8 siswa (25%).Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan banyak siswa yang memenuhi KKM adalah 22 siswa (62,86%), skor rata-rata hasil observasi aktivitas siswa sebesar 3,33, skor rata-rata hasil pengamatan pembelajaran kooperatif untuk guru sebesar 3,17.Hasil penelitian siklus 2 diperoleh banyak siswa yang memenuhi KKM adalah 32 siswa (91,43%), skor rata-rata hasil observasi aktivitas siswa sebesar 3,42, skor rata-rata hasil pengamatan pembelajaran kooperatif untuk guru sebesar 3,58. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Prestasi belajar matematika siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikembangkan, yaitu dengan memberikan contoh soal yang berkaitan dengan materi pokok yang dibahas dan presentasi kelas oleh siswa. 2) Aktifitas belajar siswa meningkat. 3) Pembelajaran kooperatif untuk guru meningkat. Saran yang dapat diajukan adalah: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe STADdapat terus digunakan pada pembelajaran matematika kelas VIII-B MTsN Ponorogo, karena model pembelajaran tipe STAD dapat meningkat prestasi belajar siswa. 2) Model pembelajaran koorperatif tipe STAD juga dapat diterapkan di kelas lain yang mempunyai permasalahan yang sama, yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif utamanya pelajaran matematika, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2209 |
Actions (login required)
View Item |