PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA NON FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PUJIATI, PUJIATI (2014) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA NON FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (126kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (315kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Hakekat pendidikan adalah Pengalihan pengalaman dari suatu generasi ke generasi berikutnya, dan yang dialihkan itu bukanlah pengalaman individual, melainkan timbunan pengalaman-pengalamn dari generasi-generasi lampau yang mencakup semua dimensi kehidupan. Menurut M Ngalim Purwanto, (2002:10). Pendidikan adalah: Segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rokhaninya kearah kedewasaan. pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang mengikuti pendidikan agama luar sekolah diniyah dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah 01 Tegalombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014 maupun prestasi belajar siswa yang tidak mengikuti pendidikan agama luar sekolah diniyah dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah 01 Tegalombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014 serta untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama luar sekolah terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah 01 Tegalombo tahun pelajaran 2013/2014. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa prestasi siswa yang mengikuti Pendidikan Agama Luar Sekolah (Madin) dapat dilihat ada peningkatan ketika dibandingkan dengan prestasi siswa yang tidak mengikuti Pendidikan Agama Luar Sekolah (Madin). Rata-rata yang diperoleh anak yang mengikuti kegiatan Pendidikan Agama Luar Sekolah (madin) adalah 77,54 dan rata-rata yang diperoleh anak yang tidak mengikuti Pendidikan Agama Luar Sekolah (madin) adalah 75,00. sesuai dengan hasil perhitungan yang diperoleh berdasarkan angka indeks koefisien yang diketemukan yaitu 0,025 berada pada rentang 0,00 s/d 0,20 berarti tingkat korelasinya sangat kecil atau rendah sehingga korelasinya dikesampingkan, dengan kata lain pengaruh pendidikan agama luar sekolah (madin) di MTs Muhammadiyah 01 Tegalombo kurang signifkan. Hal ini mempengaruhi pada hipotesis yang diajukan oleh peneliti, berarti H0 diterima dan H1 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:29
Last Modified: 12 Apr 2014 04:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item