MEMBANGUN SELF CONFIDENT SISWA MELALUI STRATEGI PEMBIASAAN PADA MADRASAH DINIYAH AL-BAATS TURI JETIS PONOROGO TAHUN 2015-2016

MUJIATI, MUJIATI (2016) MEMBANGUN SELF CONFIDENT SISWA MELALUI STRATEGI PEMBIASAAN PADA MADRASAH DINIYAH AL-BAATS TURI JETIS PONOROGO TAHUN 2015-2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Observasi dan Wawancara.pdf

Download (519kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Self Confident, Strategi, Pembiasaan. Metode Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan untuk melatih anak agar memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu, yang umumnya berhubungan dengan pengembangan kepribadian anak seperti emosi, disiplin, budi pekerti, kemandirian, penyesuaian diri, hidup bermasyarakat, dan lain sebagainya. Strategi pembiasaan dalam membangun self confiden dimadrasah Diniyah AlBaats Turi Jetis bertujuan untuk menjadikan anak melakukan kebiasaan – kebiasaan positif sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa katakata dalam bentuk tulisan maupun lisan dari individu dan perilaku yang diamati. Melalui studi kasus, yakni membangun self confiden siswa melalui seluruh komponen yang ada di Madrasah Diniyah Al-Baats Turi Jetis Ponorogo. Membangun self confiden melalui strategi pembiasaan menghasilkan sebagai berikut : a) Siswa telah mampu mempraktekkan wudhu sebelum melakukan sholat berdasarkan urutan prakteknya. b) Pada usia dini siswa telah menguasai bacaan surat-surat pendek, hal ini dibuktikan dengan pelafalan yang baik dalam kegiatan pembiasaan beribadah. c) Dengan bimbingan intensif dari Ustadz/Ustadzah, siswa lebih percaya diri dan dapat melafalkan dan menghafalkan Asmaul Khusna. d) Siswa percaya diri dan dapat mampu mempraktekkan sholat fardhu 5 waktu (Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isyak) dengan benar sesuai dengan tuntunan dalam pelaksanaannya. Demikian pula halnya dengan praktek sholat Dhuha. e) Siswa percaya diri dan mampu membacakan do’a-do’a ketika mereka akan melakukan kegiatan. f) Siswa percaya diri dan dapat memahami tentang rukun Islam yang berjumlah lima perkara, mereka telah menguasai berbagai tuntunan dalam rukun Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Oct 2016 05:32
Last Modified: 14 Oct 2016 05:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item