MIATY, MIATY (2016) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SDN 2 KAUMAN PONOROGO TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Peran Orang Tua dan Guru, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PAI. Peran Orang tua dan guru terhadap motivasi belajar siswa akan tercermin dalam tingkah laku anak sehari-hari di sekolah maupun di masyarakat. Motivasi belajar siswa kelas 1 SDN 2 Kauman Ponorogo cukup baik dapat dilihat dari semangat belajar siswa mata pelajaran PAI dan hasil Evaluasi Akhir (UAS) cukup baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui Faktor penghambat dan pendukung peran orang tua dan guru dalam meningkakan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Peran orang tua dan guru dalam peningkatan belajar diantaranya : a) Mendampingi atau menemani, seperti mendampingi anak ketika saat belajar dirumah terutama saat mengerjakan PR., b) Memberikan fasilitas yang dibutuhkan, seperti memberikan anak peralatan sekolah , LKS yang diberikan sekolah serta buku-buku yang lain untuk menunjang motivasi anak agar lebih baik. Faktor penghambat dan pendukukng peningkatan motivasi belajar : a) Faktor penghambat meliputi : Kurang dukungan dari orang tua, Kurangnya pengetahuan orang tua tentang agama, Kurangnya pengetahuan orang tua tentang agama, Ada siswa yang kurang dalam membaca dan menulis. b) Faktor pendukukng meliputi Semangat dan dukungan dari orang tua dan guru, Lingkungan yang kondusif, Sarana dan prasarana disekolah Yang mendukung (Mushola, tempat wudlu, AlQur‟an ), Guru agama yang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 05:39 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 05:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2419 |
Actions (login required)
View Item |