WARIANTO, WARIANTO (2016) PROGRAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS METODE PEMBIASAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
Upaya atau bentuk pendidikan yang ditanamkan kepada peserta didik adalah dengan membangun peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Pengembangan karakter sementara ini umumnya direalisasikan dalam pelajaran agama atau pelajaran lainnya, yang program utamanya cenderung pada pengenalan nilai-nilai secara kognitif, dan mendalam sampai ke penghayatan nilai secara afektif. Pengembangan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui metode pembiasaan. Metode pembiasaan adalah cara yang digunakan oleh pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, dengan melakukan suatu perbuatan atau keterampilan tertentu secara terus-menerus dan konsisten untuk waktu yang cukup lama, sehingga perbuatan atau keterampilan itu benar-benar dikuasai dan akhirnya menjadi suatu kebiasaan yang sulit ditinggalkan, dalam hal ini yaitu pendidikan karakter. Karakter tidak bisa dibentuk dan dibangun dalam waktu yang singkat. Membangun karakter anak membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Upaya yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter anak diantaranya adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan terutama dalam hal keagamaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangan pendidikan karakter peserta didik, bagaimana hasil program pengembangan pendidikan karakter peserta didik dan apa yang menjadi kendala dalam program pengembangan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya diperoleh dari orang, tempat, dan kertas/dokumen. Adapun hasil yang dapat disimpulkan adalah: 1). Pelaksanaan pengembangan karakter peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan bersalaman dengan Bapak Ibu guru, pembiasaan menghafal Asmaul Husna, sholat dhuhur berjama’ah, baca Alqur’an dengan metode Ummi, hafalan surat-surat pendek dan jum’at beramal. 2). Hasil dari program pembiasaan adalah membentuk karakter mereka menjadi rajin, disiplin, berperilaku positif, sopan santun terhadap Bapak dan Ibu guru juga melatih anak untuk memiliki jiwa sosial. 3). faktor yang menjadi kendala program pembiasaan adalah terbatasnya tempat berwudlu, sarana dan prasarana yang masih kurang, kekurangan jumlah guru pembina dalam kegiatan pembiasaan, terbatasnya jumlah guru yang bersertifikasi Ummi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 05:50 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 05:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
View Item |