IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE WAFA DI GRIYA AL QUR’AN AL FURQON KABUPATEN PONOROGO

NIRWANA, LILIK (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN METODE WAFA DI GRIYA AL QUR’AN AL FURQON KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (984kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Keyword : Pembelajaran Al Qur’an, Metode Wafa. Al Qur’an adalah kitab suci ummat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat Jibril ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir. Kitab Al Qur’an berfungsi sebagai pemberi petunjuk, pedoman hidup bagi setiap muslim. Tidak sekedar itu Al Qur’an juga memuat tentang hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan antara manusia dengan sesama. Mengingat pentinganya peranan Al Qur’an maka Al Qur’an harus kita ajarkan pada anak mulai dari usia dini. Pada saat ini banyak metode membaca Al Qur’an yang berkembang di masyarakat. Namun dari semua metode yang ada rata-rata masih bersifat monoton. Berdasarkan latar belakang ini maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Al Qur’an Metode Wafa di Griya Al Qur’an Al Furqon Kabupaten Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi, hasil dan kendala pembelajaran Al Qur’an metode Wafa di Griya Al Qur’an Al Furqon Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu proses penelitian yang menghasilkan data diskriptif yang berupa ucapan, tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Dalam penggalian datanya, peneliti menggunakan teknik wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pebelajaran Al Qur’an metode Wafa di Griya Al Qur’an Al Furqon Ponorogo belum maksimal artinya belum sesuai dengan konsep Quantum Teaching yang disebut TANDUR. Namun tetap ada suasana keceriaan yang membuat santri selalu bersemangat dalam belajar, sehingga terjadi percepatan dalam pembelajaran. Dengan percepatan pembelajaran ini maka tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu santri mampu menghafal khususnya juz 30 dan 29, mampu membaca huruf Arab dengan baik dan lancar, mampu menulis huruf Arab sesuai kaidah khat naskhi, dan gemar membaca Al Qur’an. Kendala yang dihadapi dari pembelajaran metode Wafa ini adalah tidak tercapainya tujuan atau target pembelajaran bagi santri yang jarang masuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Oct 2016 06:01
Last Modified: 14 Oct 2016 06:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item