UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS I DI MI ARROHMAT RINGINSARI SUMBERINGIN SANANKULON BLITAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

VITRIANI, IVA (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS I DI MI ARROHMAT RINGINSARI SUMBERINGIN SANANKULON BLITAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (671kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Salah satunya adalah penerapan metode demonstrasi. Dengan menerapkan demonstrasi ini, diharapkan hasil belajar siswa meningkat, sebab pada metode demonstrasi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan mengenal tata cara salat fardu, siswa kelas I di MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar Tahun Pelajaran 2013/2014 (2) mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas I di MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Terdiri dari dua siklus. siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Tiap-tiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah siswa sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Arrohmat Ringinsari yang berjumlah 26. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Keabsahan data dalam penelitian ini ada empat kriteria yaitu (1) kepercayaan (2) keteralihan (3) ketergantungan (4) kepastian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) pengumpulan data (2) mereduksi data (3) penyajian data (4) kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Cara guru dalam menggunakan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di MI Arrohmat Ringinsari telah dilakukan secara optimal yaitu dengan mendemonstrasikan salat secara bergantian, mengikut sertakan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. (2) penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan mengenal tata cara salat fardu. Hal itu dapat dibuktikan melalui hasil yang diperoleh siswa saat pre tes adalah sebesar 46,0% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, tes akhir tindakan siklus I siswa memperoleh hasil 72,0% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, tes akhir tindakan siklus II siswa memperoleh hasil 88,46% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 15 Apr 2014 04:01
Last Modified: 15 Apr 2014 04:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item