LUVIKA RAHAYU NINGSIH, APRILIA (2016) MODEL PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 SAMBIT PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Dampak Pengamalan Ibadah Siswa Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam membuat guru PAI merasa kebingungan menghadapi situasi yang terjadi dilapangan. Apalagi pendidikan tersebut cenderung kurang diminati oleh siswa. Sebagai pendidik tentu memiliki inovasi untuk meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam. Inovasi setiap guru berbeda-beda dan inovasi tidak akan berjalan mulus begitu saja. Karena untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sosialisasi inovasi terhadap guru. Sebagai guru PAI dituntut sesuai dengan program yang berlaku, di sini guru harus memiliki landasan pijak yang kokoh. Sehingga tidak mudah terpengaruh oleh situasi yang terjadi disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam model pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan mencari dampak terhadap pengamalan ibadah siswa di SMPN 3 Sambit. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan objek ibadah praktis siswa. Berdasarkan jenis data yang diperlukan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Model Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam yang digunakan di SMPN 3 Sambit ini menyesuaikan dengan kondisi materi dan siswa. Yang mana guru tidak hanya berpaku pada satu metode tapi bervariasi. Di SMPN 3 Sambit berbeda dari sekolah lain, karena guru di sekolah menciptakan inovasi baru yang menjadi ciri khas dari sekolah. Pelaksanaan memang belum sepenuhnya berjalan mulus tapi dalam membangun inovasi yang baru guru menciptakan upaya untuk mengatasi masalah yang terjadi. 2) Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa adalah melalui pembiasaan, kegiatan ekstra agama ataupun program sekolah siswa mampu menunjukkan perubahan menjadi lebih baik. Hanya saja ada kekurangan pada kerjasama guru dan orangtua yang berdampak pada kualitas ibadah siswa dirumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 02:40 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2452 |
Actions (login required)
View Item |