RODIYATIN, ALFI (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NURUL HUDA GROGOL SAWOO PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
|
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab I.pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text
3. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
Text
4. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
Text
5. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
6. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
8. Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
MI Nurul Huda adalah sekolah yang berbasis agama bisa dikatakan modern diwilayah kecamatan Sawoo. Selain dari Visi dan Misi serta sudah banyak prestasi yang diperoleh terutama dalam bidang agama. MI Nurul Huda bekerja keras dalam langkahnya dan senantiasa melakukan peningkatan mutu menuju suatu lembaga pendidikan yang professional. Hal yang selalu dilakukan adalah menumbuhkan gairah belajar siswa, memberi motivasi dalam hal kewajiban sebagai seorang muslim. Dalam hal ini tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PAI di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo. Dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar PAI di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala sekolah, guru PAI serta pihak pihak yang terkait dalam penelitian ini bila diperlukan. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar terhadap pelajaran PAI yaitu sebagai berikut: (1) Menggunakan metode pembelajaran dan strategi belajar mengajar yang tepat. Memperbanyak alat peraga atau semakin menvariasi alat peraga yang ada di sekolahan. Memberikan kesempatan bertanya kepada semua peserta didik agar siswa bisa lebih paham tentang pelajaran PAI. Mengembangkan kreatifitas peserta didik seperti diskusi, maupun penugasan-penugasan dalam bentuk kelompok. Mengajak siswa aktif pada kegiatan-kegiatan yang ada hubungannya dengan pelajaran PAI yang ada di masyarakat langsung. (2) Faktor pendukung yaitu: adanya kegiatankegiatan yang menunjang pembelajaran PAI seperti program pembiasaan berupa sholat dhuha dan dzuhur berjamaah setiap hari, di mana semua guru dilibatkan. Sedangakan faktor Penghambat yaitu: Kurangnya jumlah tenaga pendidik, sarana dan prasarana yang masih terbatas. Kata Kunci: Upaya Guru, Minat belajar, Pelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:03 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:03 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2457 |
Actions (login required)
View Item |