MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SENI REYOG PONOROGO (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo)

LESTARI, PUTRI (2016) MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SENI REYOG PONOROGO (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Model Integrasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Pembelajaran, Seni Reyog Ponorogo Seni Reyog Ponorogo merupakan seni budaya yang di dalamnya sarat dengan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam instrumen seni maupun ragam tarinya bahkan memiliki hubungan yang cukup kuat dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Berdasarkan fakta inilah muncul keinginan yang kuat dari masyarakat, terutama dari kalangan sekolah untuk menggali nilai dan makna seni Reyog Ponorogo dari sudut pandang pendidikan Islam. Perlunya pengkajian tentang integrasi nilai-nilai pendidikan Islam seni Reyog Ponorogo, mengingat belum tertransformasikannya nilai-nilai luhur yang terkandung dalam seni Reyog Ponorogo di masyarakat dan pentingnya bagi Konco Reyog itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam nilainilai luhur yang terkandung dalam seni Reyo Ponorogo, kemudian relevansinya dengan nilai pendidikan Islam, dan model integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran seni Reyog Ponorogo di SMAN 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan objek makna simbol dalam seni Reyog Ponorogo yang menjadi aspekaspek pembelajaran seni Reyog Ponorogo di SMAN 2 Ponorogo. Berdasarkan jenis data yang dibutuhkan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Nilai atau makna simbol yang terkandung di dalam setiap instrumen dan ragam tari pada seni Reyog Ponorogo, di mana di setiap makna tersebut mengandung pesan moral dalam kehidupan terutama bagi Konco Reyog sendiri. 2) Nilai-nilai yang tekandung dalam setiap instrumen dan tari ini ternyata juga memiliki relevansi yang sangat kuat dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang digunakan sebagai dasar manusia untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik. 3) Model integrasi dalam Pelaksanaan pembelajaran seni Reyog ini disusun dalam RPP dan silabus untuk mencapai tujuan pembelajaran seni Reyog Ponorogo yaitu menanamkan makna simbol yang memiliki relevansi dengan pendidikan Islam dengan pendekatan pengembangan kognitif, dimana guru memberi kesempatan kepada anak untuk mengenali nilai-nilai yang terkandung dalam seni Reyog dan melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan nilai-nilainya melalui permainan peran, simulasi, diskusi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:33
Last Modified: 17 Oct 2016 03:33
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item