UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SABILUL MUTTAQIN NAMBAK BUNGKAL PONOROGO

SUGIMIN, SUGIMIN (2016) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SABILUL MUTTAQIN NAMBAK BUNGKAL PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: upaya guru pendidikan agama Islam, Akhlak Siswa. Sering dikemukakan bahwa akhlak siswa sangat ditentukan oleh kualitas guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah. Tidak jarang para orang tua pasrah atau guru dalam mendidik atau membina anaknya berhasil menjadi siswa yang berkelakuan baik seperti apa yang diharapkan. Mahfudz Shalahuddin mengatakan perilaku atau tingkah laku adalah kegiatan yang tidak hanya mencakup hal-hal motorik saja, seperti berbicara, berjalan, berlari-lari, dan lain-lain, akan tetapi juga membahas macam-macam fungsi seperti melihat, mendengar, mengingat, berfikir, fantasi, pengenalan kembali emosi-emosi dalam bentuk tangis atau senyum dan seterusnya. Dengan demikian, upaya guru pendidikan Agama Islam sangat berperanan dalam pembinaan akhlak siswa agar menjadikan anak didik kita orang yang beriman di sekolah maupun diluar. Skripsi ini melaporkan hasil penelitian, dengan rumusan masalah: (1) bagaimana akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo, (2) bagaimana upaya guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa, dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo? Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo, dengan prosedur pengumpulan data melalui tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait dengan upaya guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) bahwa akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo alhamdulillah mayoritas berakhlak/berperilaku baik. Jadi diharapkan kepada siswa-siswi agar mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan serta berkepribadian yang islami, (2) upaya pembinaan akhlak siswa yaitu pembinaan tentang pembiasaan salam dan salim ketika datang dan pulang sekolah, selalu berkata sopan, selalu berpakaian rapi, adab ketika makan, kebiasaan beramal, (3) Adapun dari faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak siswa sistem pendidikan keagamaan di lingkungan siswa sangat kurang atau masih minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:43
Last Modified: 17 Oct 2016 03:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item