MUTTAQIN, ARIF (2016) EFEKTIVITAS PEMBINAAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-MANAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh, serta dialami oleh masyarakat sekitar, dengan menggunakan sistem asrama. Di dalamnya kita bisa mendapat berbagai ilmu keislaman yang sangat banyak. Santri tidak hanya mengaji saja, akan tetapi santri juga mendapat pembinaan akhlak melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlak di pondok serta mengetahui efektivitas pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Obyek penelitian ini adalah seluruh santri yang tinggal di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo periode 2015-2016. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri selama 7 gelombang. Sampel dari penelitian ini adalah 10% dari jumlah santri selama 7 gelombang yaitu sejumlah 105 responden yang terdiri dari 10% responden laki-laki dan 10% responden perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul dari terkait dengan pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dianalisis secara kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) proses pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari. 2) program pembinaan di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-manar meliputi keiskhlasan, kesederhanaan, kebersamaan, kejujuran, keberanian, kedisiplinan, kesabaran, kerapian dan bertanggungjawab. 3) pembinaan yang di lakukan oleh Pondok Pesantren Mahasiswa Al-manar berjalan secafa efektif, hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis dengan hasil didapat nilai t sebesar 5,382 dan sig 0,000. Nilai ini menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel = 5,382 > 1,660, maka H1 diterima, dan nilai sig 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemebinaan akhlak di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo berjalan secara efektif. Dengan berpijak data di atas, peneliti menyarankan alangkah baiknya pihak lembaga Pondok Pesantren Mahasiswa Al-manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo agar mengoptimalkan program reward and punishment agar para satri lebih bersemangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran di pondok pesantren yang akan berdapak pada meningkatnya hasil dari pembinaan dan pembelajaran. Kata Kunci : Efektivitas, Pembinaan Akhlak Dan Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:54 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2470 |
Actions (login required)
View Item |