DAYU PRAMESTI, NINA (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter Pendidikan karakter merupakan usaha yang relevan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan. SMK PGRI 2 Ponorogo merupakan sekolah swasta di Ponorogo yang unggul dalam menerapkan pendidikan karakter terhadap siswa. Beberapa tahun terakhir, SMK PGRI 2 Ponorogo menekankan pendidikan karakter berbasis pendidikan Agama Islam. Strategi penerapan pendidikan karakter diintegrasikan melalui pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo dan berbasis pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi pendidikan karakter berbasis pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo, 2) Hasil implementasi pendidikan karakter berbasis pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah sebagai berikut: 1) Implementasi pendidikan karakter berbasis pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo diintegrasikan melalui dua strategi, yaitu: a) kegiatan-kegiatan berbasis pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo. Kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan wajib, dan kegiatan ekstrakurikuler, b) kegiatan berbasis pondok pesantren di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Babadan. Kegiatan tersebut juga dibagi menjadi tiga, yaitu kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan wajib, dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode implementasi pendidikan karakter berbasis pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara pembiasaan, keteladanan, dan pendisiplinan. 2) Hasil implementasi pendidikan karakter berbasis pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo yang merupakan perpaduan pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo dengan sistem berbasis pondok pesantren, dapat dilihat memalui tiga aspek, yaitu: a) aspek keimanan dan ketakwaan, b) aspek peribadatan, dan c) aspek akhlak siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:08 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:11 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2473 |
Actions (login required)
View Item |