PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO

SURYANTO, EDY (2016) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (856kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Dhuha, Pembinaan Akhlak. Pembinaan akhlak menjadi sangat penting mengingat perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang diiringi dengan efek negatif yang dibuktikan dengan fenomena-fenomena kesenjangan sosial. Dalam kegiatan belajar mengajar ibadah shalat sangat ditekankan di Lembaga Pendidikan Islam termasuk di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.Dalam kegiatan belajar mengajar ibadah shalat sangat ditekankan di Lembaga Pendidikan Islam termasuk di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.Suasana yang sangat kondusif dalam lingkungan sekolah dan kekompakan koordinasi antar guru dalam pengkondisian semua peserta didik dalam menjalankan program shalat dhuha merupakan upaya untuk membentuk akhlak yang baik Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam mengenai program pembiasaan shalat dhuha, kendala yang dihadapi guru dalam pembiasaan shalat dhuha serta dampak yang diperoleh para peserta didik dengan rutin melaksanakan shalat dhuha di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan objek program, kendala serta dampak dari pembiasaan shalat dhuha di SD Muhammadiyah Ponorogo. Berdasarkan jenis data yang dibutuhkan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Pelaksanaan shalat dhuha di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo di adakan pada jam istirahat pertama yaitu pada pukul 08.30-09.30 dan di bagi menjadi 2 kloter bagian. Shalat dhuha didirikan 4 rakaat dengan suara bacaan yang dikeraskan. 2) Kendala utama yang dihadapi dalam program pembiasaan shalat dhuha adalah tempat yang kurang memadahi untuk dilaksanakan shalat dhuha secara serentak mulai dari kelas 1-6 dan harus di bagi menjadi 2 kloter bagian serta jarak masjid yang lumayan jauh dari sekolah. 3) Dampak yang langsung bisa dilihat dari program shalat dhuha adalah tentang hafalan bacaan shalat para peserta didik, karena shalat dilaksanakan dengan suara bacaan shalat yang dikeraskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:38
Last Modified: 26 Oct 2016 02:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item