MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SUB POKOK BAHASAN MENGENAL MALAIKAT DAN TUGASNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK POWER POINT SISWA KELAS IV SDN 03 TEGALOMBO” PACITAN

EFENDI, SYAHRUN (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SUB POKOK BAHASAN MENGENAL MALAIKAT DAN TUGASNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK POWER POINT SISWA KELAS IV SDN 03 TEGALOMBO” PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini semakin canggih dan modern yang telah merambah kesemualini kehidupan, tak terkecuali dalam pelaksanaan pendidikan. Dan telah berkembang secara umum bahwa media powerpoint dapat mempermudah guru dalam membantu proses berjalannya kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi bahan rumusan masalah adalah bagaimanakah penggunaan media pembelajaran bentuk powerpoint pada pembelajaran, apa keunggulan dan kekurangannya, kemudian bagaimana hasil pembelajaran dengan media powerpoint terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaranPAI. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan pemanfaatan multimedia bentuk powerpoint guna meminimalisasi kejenuhan dan kebosanan dalam pembelajaran konvensional dikelas, yang menyebabkan motifasi dan hasil belajar siswa menurun dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN 3 Tegalombo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 13 siswa, yang terdiri dari siswa laki-laki 9 sedangkan siswi perempuan 4. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana setiap siklus dua pertemuan dan setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SDN 3 Tegalombo Pacitan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan sebelum yaitu 59, setelah dikenai tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,6 jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan, semula pada saat pra tindakan yang tuntas ada 5 siswa atau sebesar 38,5% pada siklus I menjadi 9 siswa atau sebesar 69.3% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 11 atau sebesar 84,6%. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Powerpoint, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:12
Last Modified: 26 Oct 2016 03:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item View Item