MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGRECO I TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WAHYUNI, SRI (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGRECO I TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode TGT, Pembelajaran Fiqih Pembelajaran Fiqih bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan dalil aqli melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Pembelajaran fiqih memerlukan suatu model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana yang menarik dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan keinginan dan kemampuan siswa salah satunya dengan memeberikan model pembelajaran TGT. Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe atau pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Adapun tujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan metode penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran fiqih (3).Untuk mengetahui kendala penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngreco 1 Tegalombo Pacitan. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil pembahasan bahwa penerapan model TGT pada pelajaran Fiqih di kelas IV MI Muhammadiyah Ngreco 1 dapat berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan keaktifan dan semangat siswa dalam menjalani pembelajaran dari awal sampai akhir. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 74% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 81.8% (baik), dan meningkat pada siklus III sebesar 87% (baik). Hasil observasi pada aktivitas siswa pada siklus I sebesar 46.6% (kurang), meningkat ada siklus II sebesar 66,7% (baik) sedangkan pada siklus III menjadi 85% (baik). Bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan kemajuan yang signifikan. Dari pra siklus ada 4 siswa/25%, meningkat pada I ada 7 siswa/43.8%, meningkat pada siklus II 10 siswa/62.5%, dan meningkat pada siklus III sebanyak 16 siswa/100%. Dengan penerapan metode TGT ini semua siswa dinyatakan sudah tuntas dalam belajarnya. Dan hasil belajar siswa sebel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:32
Last Modified: 26 Oct 2016 03:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item