CAHYONO, HERI (2016) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA (Studi Program Pembiasaan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
SAMPUL.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Upaya dan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Pendidikan agama merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional, dalam undang-undang No. 20 Tahun 2003, pasal 37 ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, berakhlakul karimah, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab.1 Dalam mewujudkan pendidikan di atas, maka diperlukan upaya untuk kecerdasan spiritual yang tinggi sebagaimana yang telah diterapkan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait upaya sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dengan cara tiga langkah yaitu mempertegas visi, merevisi Kurikulum KTS-P setiap tahun, mengaplikasikan visi misi dalam bentuk program kegiatan pembiasaan seperti: sholat dhuha dan dhuhur secara berjamaah, tartil Al-Qur’an, pelatihan qiro’ah, berdo’a setiap hari sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran, pembiasaan berjabat tangan, salam, senyum, dan sapa, jum’at Rohani, dan idul kurban. Kemudian untuk memperkuat program pembiasaan tersebut, maka diperikat dengan tata tertib yang ada di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo. Dengan berpijak data di atas, maka peneliti menyarakan, alangkah baiknya pihak SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo mempertahankan hasil yang telah dicapai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, kemudian siswa alangkah baiknya untuk lebih rajin dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti program pembiasaan. Serta orang tua alangkah baiknya lebih memperhatikan anaknya baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2589 |
Actions (login required)
View Item |