CHARACTER BUILDING RELIGIUS DI PANTI ASUHAN PUTRI PONOROGO (Studi Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo)

NURHIDAYATI, PIPIN (2016) CHARACTER BUILDING RELIGIUS DI PANTI ASUHAN PUTRI PONOROGO (Studi Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (536kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Character building, Panti asuhan Penelitian ini mencoba menelusuri proses character building di Panti Asuhan Putri Ponorogo yang memiliki keunikan dengan berbagai pendidikan karakter religius. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar usaha panti dalam pendidikan karakter religius anak asuhnya serta pendidikan karakter religius apa saja yang sudah ditanamkan di panti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter religius di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri “Nyai Ahmad Dahlan” Ponorogo, hasil yang sudah dicapai dalam pendidikan karakter religius di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri “Nyai Ahmad Dahlan” Ponorogo serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami Panti Asuhan Muhammadiyah Putri “Nyai Ahmad Dahlan” Ponorogo dalam rangka pendidikan karakter religius anak asuhnya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis datanya adalah menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa a. pendidikan karakter religius yang sudah ditanamkan di panti asuhan sudah mulai membaik dari sebelumnya hal ini sesuai dengan kondisi anak asuhnya yang secara perlahan sudah mentaati peraturan yang ada di panti. serta dengan melaksanakan kegiatan yang ada di panti misalnya dengan adanya piket harian, muhadoroh, ngaji sore , pelajaran tambahan maka secara tidak langsung anak asuh bisa memposisikan dirinya untuk melaksanakan kegiatan yang selalu dilaksanakan di panti. b. banyak cara yang dilakukan panti untuk mendidik anak asuhnya menjadi lebih baik yaitu dengan cara menanamkan akhlak yang baik melalui perilaku keagamaan antara lain akhlak kepada Allah misalnya selalu solat berjamaah, akhlak kepada manusia misalnya saling membantu, akhlak kepada diri sendiri yaitu menjauhkan diri dari perbuatan yang dilarang agama dan akhlak kepada lingkungan yaitu selalu menjaga kebersihan panti. c. Faktor pendukung, adanya anak asuh, pengasuh/pengurus, asrama, dana yang mencukupi, pola pengasuhan yang baik, managemen kerja yang baik, program kerja yang sebagian kerja terlaksana, administrasi yang sudah rapi serta dukungan masyarakat yang memadai. Dan faktor penghambat dari setiap anak asuh memiliki latar belakang, watak dan sifat yang berbeda karena mereka berasal dari lingkungan yang berbeda sehingga menjadikan mereka butuh waktu untuk beradaptasi. Begitu juga dengan tingkat pendidikan yang berbeda antara anak asuh yang satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:53
Last Modified: 28 Oct 2016 02:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item