DAROINI, MASRUR (2016) STRATEGI PENJARINGAN SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN SULAMUL HUDA SIWALAN MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (710kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: strategi, penjaringan santri, pondok pesantren Pemasaran suatu lembaga pendidikan merupakan topik pembahasan menarik yang tidak ada habisnya untuk didiskusikan. Berbagai cara pasti akan diusahakan suatu lembaga agar lembaga tersebut mampu bersaing dan tetap mendapatkan perhatian serta kepercayaan dari masyarakat luas. Pondok pesantren Sulamul Huda Siwalan selalu berupaya dengan tenaga, fikiran dan materi dalam hal perencanaan serta pematangan program pendidikan, pemenuhan sarana dan prasarana santri, serta memberikan inovasi terbaru tanpa meninggalkan nilai luhur pondok dengan berasakan panjca jiwa nya. Strategi yang diterapkan PP. Sulamul Huda Siwalan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di Lembaga Pendidikan lainya yakni dalam hal penjaringan santri baru, adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui strategi penjaringan santri baru di PP.Sulamul Huda Siwalan, 2. Untuk mengetahui faktorpendukung dan penghambat dari strategi penjaringan santri baru di PP.Sulamul Huda Siwalan, 3. Untuk mengetahui hasil dari strategi penjaringan santri baru selain itu juga terkait hal apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat terselenggaranya penjaringan santri baru. Penelitian ini dilaksanakan di PP. Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala sekolah, guru serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini bila diperlukan. Kesimpulan atau hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi bauran pemasaran jasa yang diterapkan di PP.Sulamul Huda Siwalan yang mengacu pada tujuh konsep mampu menghasilkan output (hasil) dari pendaftar santri baru, 2. Faktor pendudukung dari strategi penjaringan santri baru adalah adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak madrasah, sedangkan penghambatnya adalah kurangnya kerjasama dari semua pihak madrasah dan kurangnya sosialisasi madrasah pada even penting yang melibatkan banyak orang di lingkup masyarakat luas. 3. Hasil penerapan strategi penjaringan santri baru di PP.Sulamul Huda Siwalan adalah jumlah perolehan santri baru dengan jumlah yang membanggakan. adapun pola yang di terapkan untuk menarik minat belajar santri baru adalah salah satunya dengan pemenuhan fasilitas sekolah berupa pemberian alat tulis, seragam sekolah dan sarana prasarana lainya, serta program unggulan madrasah. Dan pembangunan gedung madrasah secara bertahap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 02:56 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 02:56 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2614 |
Actions (login required)
View Item |