Kusumawati, Erma (2016) MANAJEMEN PROGAM ISLAMIC BOARDING SCHOOL SMP MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (990kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (654kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Manajemen dan Islamic Boarding School Islamic Boarding School adalah lembaga pendidikan yang memadukan pendidikan formal dengan pendidikan pesantren. Proses pelaksanaan pendidikannya memadukan kurikulum Diknas dengan kurikulum Pesantren. Islamic Boarding School mengkaji tentang pendidikan agama Islam, di dalamnya anak-anak bisa mendapat berbagai ilmu keislaman yang menyeluruh, anak-anak tidak hanya belajar di pesantren tetapi juga mengikuti sekolah formal, untuk itu diperlukan sebuah manajemen Islamic Boarding School yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo. Obyek penilitian ini adalah seluruh komponen yang ada di Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait manajemen Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan program Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu memadukan pendidikan formal SMP dengan pendidikan pesantren, 2) Proses pelaksanaan Pembelajaran Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo memakai kurikulum diknas yang dipadu dengan kurikulum pesantren.3) Hasil pendidikan manajemen program Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo anak-anak memiliki karakter agama yang kuat, pengetahuan yang memadai serta ketrampilan hidup disamping itu anak-anak juga berakhlak mulia. Dengan berpijak data diatas maka peneliti menyarankan sebaiknya rencana pelaksanaan progam Islamic Boarding School Muhammadiyah 1 Ponorogo yang pesantren menggunakan RPP tertulis yang berbentuk dokumen sebagai pegangan ustadz/ustadzah dalam melaksanakan pembelajaran, disamping itu dalam proses pelaksanaan pembelajaran juga menambah media pembelajaran yang lebih menarik. Untuk guru di sekolah formal SMP maupun ustadz/ustazdah di pesantren sebaiknya terus meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:09 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2616 |
Actions (login required)
View Item |