POLA ASUH PONDOK AL-AMIN RONOWIJAYAN SIMAN PONOROGO DALAM PEMBENTUKAN KADER DAKWAH MUHAMMADIYAH

ALVIAN SYAH, ALI (2016) POLA ASUH PONDOK AL-AMIN RONOWIJAYAN SIMAN PONOROGO DALAM PEMBENTUKAN KADER DAKWAH MUHAMMADIYAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Pola Asuh, Kader, Dakwah. Pola asuh merupakan suatu sistem atau cara pendidikan, pembinaan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain. Sedangkan pola asuh dalam membentuk kader dakwah yaitu cara pendidikan dan pembinaan yang diberikan kepada seseorang/sekelompok orang agar menjadi seorang kader dakwah. Kebanyakan dari masyarakat beranggapan bahwa yang dapat mencetak kader dakwah itu adalah pondok pesantren. Santri yang sudah diasuh di pondok diharapkan bisa berdakwah. Namun pada kenyataannya, masih ada santri yang berada di pondok pesantren yang belum mampu berdakwah. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan pola asuh pondok al-Amin dalam pembentukan kader dakwah Muhammadiyah; 2) mendeskripsikan kader dakwah di pondok al-Amin; dan 3) mendeskripsikan kendala serta pendukung pondok al-Amin dalam pembentukan kader dakwah Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu peneliti akan mengumpulkan data yang akan diteliti dengan penelitian lapangan atau Field Research. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu: 1) teknik observasi; 2) wawancara; dan 3) dokumentasi. Adapun analilis yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu; 1) analisis domain; 2) analisis taksonomi; dan 3) analisis komponen. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) pola asuh pondok al-Amin dalam membentuk kader dakwah Muhammadiyah mengkombinasikan antara pola asuh demokratis dan otoriter, menggunakan sistem kontinuitas (berkelanjutan) dengan berbasis pilihan; aqidah, ibadah, akhlakul karimah dan muamalah; 2) dari penerapan pola asuh tersebut berhasil mencetak beberapa santri dalam menjadi kader dakwah; 3) kendala dalam pembentukan kader dakwah terdapat pada diri santri itu sendiri serta ketidak disiplinan pengajar pondok, sedangkan hal yang mendukung dalam pembentukan kader yaitu pengajar pondok yang ahli dalam bidangnya, memiliki ilmu yang sangat mumpuni, banyak santri yang sadar akan kewajibannya melaksanakan tugasnya sebagai kader serta masyarakat sekitar yang mendukung program-program pondok al-Amin Ronowijayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:12
Last Modified: 28 Oct 2016 03:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item