LUTFI SA`ADAH, AZURA (2016) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK (Studi Kasus di MI MUHAMMADIYAH 3 Ngunut Babadan Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB IV.docx new.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: strategi pembinaan dan akhlak Di MI Muhammadiyah 3 Ngunut para siswa siswinya yang cukup aktif akan hal hal baru yang ada disekitarnya, sopan santun yang masih terjaga walaupun ada satu dua anak yang masih perlu bimbingan khusus dan ramah tehadap tamu sehingga membuat suasana yang harmonis dan keakraban antar sesama teman juga bapak ibu guru. Selain itu disini juga diterapkan kedisipilan dan kejujuran. Disiplin dalam mematuhi peratutan sekolah dan jujur terhadap diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa nilai akhlak yang ditanamkan di MI Muhammadiyah 3 Ngunut, bagaimana strategi pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3 Ngunut dan apa saja kendala dalam proses pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3 Ngunut Babadan Ponorogo. Objek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di MI Muhammadiyah 3 Ngunut yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait dengan strstegi pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3 Ngunut di analisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai akhlak yang ditanamkan di MI Muhammadiyah 3 Ngunut Babadan Ponorogo adalah: kejujuran, kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, sopan santun dan kebersihan. 2) Strategi pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3 ngunut menggunakan beberapa metode diantaranya adalah dengan metode nasehat, metode anjuran , metode pembiasaan, metode keteladanan. Namum dari beberapa metode tersebut yang paling efektif adalah metode pembiasaan. 3) Kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak di MI Muhamadiyah 3 ngunut adalah kurangnya komunikasi antara guru dengan siswa dan anatar wali murid, keterbatasan waktu disekolah untuk selalu mengontrol dan mengawasi siswa siswinya. Dikarenakan anak-anak lebih banyak waktu dirumah dan kurangnya kasih sayang orang tua kepada anaknya, dimana anak tersebut ditinggal orang tuanya bekerja sehingga mengakibatkan anak mudah terpengaruh oleh lingkungan dan teman-temannya dan bahkan bisa berbuat yang negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:26 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2620 |
Actions (login required)
View Item |