IRNAWATI, ANIS (2016) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MI MUHAMMADIYAH 6 NGLEGOK JENANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Guru, Kompetensi, Profesional. Saat ini guru dituntut menguasai perkembangan dan kemajuan multidimensional. Dalam dunia pendidikan, keberhasilan pencapaian pendidik salah satunya tergantung pada guru yang berkualitas dan profesional. Namun kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari sulit kita dijumpai seorang guru yang profesional. Profesionalisme Guru PAI dalam melakukan proses mendidik pada lembaga pendidikan Islam menjadi sangat penting, ia akan mendorong terjadinya perubahan-perubahan dalam pembelajaran dan perkembangan kualitas mutu pendidikan agama Islam pada era globalisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: a). Bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan?; b). Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yang meliputi: a). Analisis Data; b). Display Data; c). Kesimpulan atau ferifikasi. Selain itu peneliti juga melibatkan guru, murid dan wali murid untuk mendapatkan data-data yang falid dengan menggunakan teknik penggalian data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penulis susun dalam lima bab: 1). Bab satu pendahuluan; 2). Bab dua berisi tinjauan pustaka dan landasan teori; 3). Bab tiga tentang metode penelitian; 4). Bab empat berupa latar belakang objek, penyajian data, analisis data dan pembahasan hasil penelitian; 5). Bab lima penutup. Berdasarkan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Muhammadiyah 6 Nglegok sudah memiliki profesionalisme yang baik, hal tersebut dibuktikan dengan kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikasi pendidik: a). Dari kualifikasi akademik sudah sesuai dengan bidangnya, yaitu semua guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sudah menyelesaikan belajar/studinya dengan gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam; b). Kompetensi yang dikembangkan sudah muncul dalam diri masing-masing guru yang meliputi seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diwujudkan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru profesional. Khususnya kompetensi yang meliputi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial; c). Para guru sudah dinyatakan lulus dari program sertifikasi. Faktor pendukung profesionalisme guru di Madrasah tersebut adalah suasana kekeluargaan yang baik serta komite sekolah yang mendukung semua kegiatan di Madrasah, sedangkan faktor penghambat profesionalisme guru di MIM 6 Nglegok Jenangan adalah masih kurangnya media pembelajaran yang ada di Madrasah tersebut selain itu juga kurangnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:33 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:33 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |