PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI BA ’AISYIYAH NGLUMPANG MLARAK PONOROGO

TRIYULIANTI, ANIS (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI BA ’AISYIYAH NGLUMPANG MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci :Penerapan, Pendidikan akhlak, Anak Usia Dini. Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama penerapan akhlak pada usia dini yang dapat menentukan akhlak selanjutnya. Di BA ‘Aisyiyah Nglumpang sikap anak-anaknya sopan, mereka ketika bertemu dengan guru baik di sekolah maupun di tempat lain langsung mengucapkan salam, dan ketika ada tamu mereka langsung berjabat tangan dan mengucapkan salam tanpa diperintah guru. Selain itu anak-anak sudah ditanamkan untuk bersodaqoh, yaitu ketika panen padi mereka membawa hasil panen padi yang beratnya tidak ditentukan, bagi yang tidak memiliki padi dapat berupa uang seikhlasnya dan dari hasil sodaqah tersebut digunakan untuk kebutuhan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang Mlarak Ponorogo. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di BA’Aisyiyah Nglumpang yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait penerapan pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) penerapan pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang menggunakan beberapa metode diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, dan nasehat, serta metode bernyanyi dan bercerita. Namun yang paling efektif adalah metode pembiasaan. 2) Hasil yang dicapai dalam penggunaan metode pembiasaan untuk menerapkan pendidikan akhlak adalah baik sekali karena dalam penilaian perkembangan anak di BA’Aisyiyah Nglumpang anak mampu melaksanakan pembiasaan perilaku akhlak secara rutin tanpa diperintah dan sesuai dengan indikator yang diharapkan dan anak melakukan baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Kiat guru dalam menghadapi karakteristik anak yang berbeda dan anak yang bandel adalah melalui pendekatan, pujian dan nasehat. Komunikasi guru dan orang tua merupakan cara guru dalam mengemas dan mengontrol pendidikan akhlak. Sehingga dari penerapan pendidikan akhlak di sekolah dapat sejalan dengan penerapan pendidikan akhlak di lingkungan rumah. 3) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang adalah pendidikan akhlak di sekolah tidak sejalan dengan penerapan akhlak di rumah, karena anak lebih banyak waktunya di rumah dari pada di sekolah, jadi guru sulit untuk mengontrol kegiatan anak. Karena kesibukan orang tua, kurangnya perhatian dan kasih sayang berakibat anak tanpa control dan pengawasan orang tua sehingga anak mendapat pengaruh negatif dari pergaulan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:39
Last Modified: 28 Oct 2016 03:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item