EKO SETIAWAN, ARIS (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONOROGO Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
BAB II ..pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Nilai-Nilai Karakter, Perilaku Siswa Pendidikan karakter merupakan salah satu pilar pembangunan bangsa yang bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki dasar pribadi yang bermoral, baik dalam pengetahuan, perasaan dan tindakan serta menjadikan kaum muda yang cerdas dan berprestasi. Penanaman pendidikan karakter pada generasi muda khususnya pelajar memerlukan memerlukan usaha bersama yang berkelanjutan baik dari pemerintah maupun dari masyarakat serta sekolah. nilai- nilai karakter menjadi bekal generasi muda untuk hidup bermasyarakat dan menjadikannya generasi yang sipa memimpin masa depan yang berkarakter. Penanaman karaktewr di sekolah diharapkan akan mampu menciptakan peserta didik yang bertaqwa, berilmu dan berkualitas serta bermoral dan berkarakter. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya mengimplementasikan pendidikan karakter terhadap perilaku siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ponorogo Tahun 2015/2016. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, melakukan analisis data, wawancara, penyusunan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter terhadap perilaku siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu: 1) upaya mengimplementasikan pendidikan karakter yang diterapkan dalam kurikulum 2013 yang diintegrasikan kedalam mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah yang dilaksanakan secara berkelanjutan. 2) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yaitu adanya kesiapan seluruh stakholder, kerjasama dan komitmen warga sekolah yang tinggi serta visi misi sekolah. 3) faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakteryaitu lingkungan disekitar siswa yang kurang baik yang akan berpengaruh terhadap tingkah laku seseorang dan keberagaman siswa serta terbatasnya waktu di sekolah. Saran yang peneliti berikan dalam penelitian ini adalah : Kepala sekolah, guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Guru BK (bimbingan konseling) dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi penanaman nilai – nilai karakter bagi siswa dan lebih arif serta bijaksana serta menjadi tauladan yang baik bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 03:33 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 03:33 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2675 |
Actions (login required)
View Item |