PENGARUH METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 NGADIROJO

Ardianto, Fendy (2016) PENGARUH METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 NGADIROJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan bentuk desain true experimental design dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data , yaitu tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian/ essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji Independent Sample T Test. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dengan menggunakan pendekatan kontekstual berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini memberikan indikasi bahwa metode inkuiri dengan menggunakan pendekatan kontekstual akan menyebabkan proses pembelajaran berlangsung secara ilmiah dalam menemukan konsep-konsep materi pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga belajar bukan hanya mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kata Kunci: Inkuiri, Kontekstual, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:35
Last Modified: 16 Nov 2016 02:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item