PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMPN 2 KAUMAN

SARI, JUNITA (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMPN 2 KAUMAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pendekatan pemecahan masalah dengan metode Polya pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kauman yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kauman dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode Polya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru dan peneliti. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan penalaran matematika dan lembar observasi aktivitas belajar siswa menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan tes kemampuan penalaran matematika siswa dan observasi terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata presentase kemampuan penalaran matematika siswa mencapai 58,57% dan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 81,10% dan rata-rata setiap indikator kemampuan penalaran matematika siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sehingga minimal berada pada kualifikasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pemecahan masalah dengan metode Polya dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pemecahan Masalah, Metode Polya, Penalaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:47
Last Modified: 16 Nov 2016 02:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item