MULYANI, SRI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BADEGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran sebagian siswa hanya ramai sendiri, tidak memperhatikan guru dalam menyampaikan materi, siswa merasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran berlangsung, sehingga hal ini membuat siswa tidak memahami konsep materi yang diajarkan dengan baik. Hal ini ditunjukkan ketika sebagian siswa diminta untuk menjelaskan kembali apa yang disampaikan oleh guru siswa merasa binggung dan ketika siswa diberikan soal yang bervariasi siswa tidak bisa mengerjakan, karena siswa hanya menghafalkan materi tanpa memahami konsep dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Badegan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Badegan yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan observasi. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Badegan melalui pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran inkuiri dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes pada masing-masing siklus mengalami peningkatan 25 %. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil tes pemahaman konsep matematika pada siklus 1 menunjukkan 11 siswa dari 24 siswa sudah dalam kriteria baik dan hasil tes pemahaman konsep matematika pada siklus 2 menunjukkan 17 siswa dari 24 siswa sudah dalam kriteria baik atau sangat baik. Berdasarkan data hasil observasi pembelajaran dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan persentase 63% pada siklus 1 menjadi 83% pada siklus 2. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Strategi Pembelajaran Inkuiri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 02:50 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 02:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
View Item |