PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO KELAS X PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR



AYU RATNASARI, DIYAH (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO KELAS X PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (833kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB 1.pdf]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB 2.pdf] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of 4. BAB 3.pdf] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of 5. BAB 4.pdf] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB 5.pdf] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berbasis
Geogebra di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo kelas X pada materi sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengacu pada
model pengembangan Sugiyono dengan tahapan menemukan potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan hasil
akhir. Uji coba produk tersebut dengan melakukan uji coba terbatas dengan subjek
penelitian berjumlah 10 peserta didik di kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Uji coba terbatas ini untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis
Geogebra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif
dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk observasi (pengamatan) terkait
masalah pembelajaran yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dan teknik analisis
kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil angket respon siswa. Teknik analisis data
untuk melihat kelayakan media pembelajaran yang dibuat menggunakan penilaian lembar
validitas ahli.
Hasil penelitian ini adalah (1) kelayakan isi media pembelajaran mencapai kriteria
sangat valid dengan presentase 87,5%, kelayakan penyajian media pembelajaran mencapai
kriteria sangat valid dengan presentase 89,6% dan kelayakan keefektifan mencapai kriteria
cukup valid dengan presentase 71,9%. (2) Respon yang diberikan oleh 10 peserta didik
mencapai 92% yang memberikan respon positif. Sehingga dapat diketahui bahwa peserta
didik terbantu dengan adanya media pembelajaran tersebut dan diharapkan dapat lebih
dikembangkan lagi.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran dan Perangkat Lunak Geogebra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:36
Last Modified: 17 Nov 2016 02:36
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item View Item