AYU RATNASARI, DIYAH (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO KELAS X PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (44kB) | Preview |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berbasis Geogebra di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo kelas X pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sugiyono dengan tahapan menemukan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan hasil akhir. Uji coba produk tersebut dengan melakukan uji coba terbatas dengan subjek penelitian berjumlah 10 peserta didik di kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Uji coba terbatas ini untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis Geogebra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk observasi (pengamatan) terkait masalah pembelajaran yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dan teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil angket respon siswa. Teknik analisis data untuk melihat kelayakan media pembelajaran yang dibuat menggunakan penilaian lembar validitas ahli. Hasil penelitian ini adalah (1) kelayakan isi media pembelajaran mencapai kriteria sangat valid dengan presentase 87,5%, kelayakan penyajian media pembelajaran mencapai kriteria sangat valid dengan presentase 89,6% dan kelayakan keefektifan mencapai kriteria cukup valid dengan presentase 71,9%. (2) Respon yang diberikan oleh 10 peserta didik mencapai 92% yang memberikan respon positif. Sehingga dapat diketahui bahwa peserta didik terbantu dengan adanya media pembelajaran tersebut dan diharapkan dapat lebih dikembangkan lagi. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran dan Perangkat Lunak Geogebra
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 02:36 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 02:36 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2690 |
Actions (login required)
View Item |