UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 5 PONOROGO
DRIYANA, MIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 5 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (110kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa yang masih kurang. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Saat diberikan soal berbentuk soal cerita siswa
masih merasa kebingungan untuk memahami maksud dari soal tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model
Pembelajaran Berbasis Masalah yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas VII G di SMP Negeri 5 Ponorogo setelah dilaksanakan
pembelajaran matematika dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Ponorogo tahun pelajaran
2015/2016 berjumlah 27 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pada setiap akhir siklus untuk
mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan observasi untuk
mengamati keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis lembar observasi pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis
masalah diperoleh jumlah skor keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah
20 atau dalam kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 26 atau dalam kriteria
baik. Sehingga keterlaksanan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk siklus
pertama, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika pada kriteria cukup
(4,4), tetapi belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Siklus kedua,
rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat menjadi kriteria
sangat baik (7,8) dan telah mencapai kriteria yang telah ditentukan. Dengan demikian,
model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Ponorogo.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 02:42 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 02:42 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |