UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 5 PONOROGO



DRIYANA, MIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 5 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa yang masih kurang. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Saat diberikan soal berbentuk soal cerita siswa
masih merasa kebingungan untuk memahami maksud dari soal tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model
Pembelajaran Berbasis Masalah yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas VII G di SMP Negeri 5 Ponorogo setelah dilaksanakan
pembelajaran matematika dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Ponorogo tahun pelajaran
2015/2016 berjumlah 27 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pada setiap akhir siklus untuk
mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan observasi untuk
mengamati keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis lembar observasi pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis
masalah diperoleh jumlah skor keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah
20 atau dalam kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 26 atau dalam kriteria
baik. Sehingga keterlaksanan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk siklus
pertama, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika pada kriteria cukup
(4,4), tetapi belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Siklus kedua,
rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat menjadi kriteria
sangat baik (7,8) dan telah mencapai kriteria yang telah ditentukan. Dengan demikian,
model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Ponorogo.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:42
Last Modified: 17 Nov 2016 02:42
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item