PENGARUH PEMBELAJARAN DILUAR KELAS DAN DIDALAM KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII

IMAM SUBAKTI, WIWIT (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN DILUAR KELAS DAN DIDALAM KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika terdapat beberapa permasalahan yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa antara lain kurang variasi model pembelajaran serta kondisi kelas yang over load capacity. Dalam penelitian ini peneliti melakukan kombinasi pembelajaran diluar kelas dengan model PBL. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran diluar kelas dengan PBL dan didalam kelas dengan PBL terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan postes (non randomized posttest control group design). Variabel bebeas dalam penelitian ini adalah pembelajaran diluar kelas dengan PBL dan pembelajaran didalam kelas dengan PBL danVariabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs AL-HIKMAH dan pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji t (Polled varians) karena data homogen. Hasil dari penelitian diperoleh nilai rata-rata tes pada kelas kontrol = 70,53 dan rata-rata nilai pengamatan = 68,65, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata tes = 74,59 dan rata-rata pengamatan = 72,94. Hasil dari pengujian hipotesis pada pengujian nilai tes diperoleh hasil thitung>ttabel = 1,4607> 0,349 dan pada nilai pengamatan diperoleh thitung>ttabel = 1,6290> 0,349. Dari pengolahan data dan pengujian hiotesispenelitianmenunjukanadanyaperbedaanpengaruhhasilbelajarantara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu ditunjukan dengan nilai akhir hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan juga berdasarkan pengujian hipotesis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diluar dengan PBL kelas lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran didalam kelas dengan PBL. Kata kunci : Pembelajaran Diluar Kelas dengan PBL, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:45
Last Modified: 17 Nov 2016 02:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item