PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI GEOMETRI DIMENSI DUA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO

DWI KURNIATI, ETIK (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI GEOMETRI DIMENSI DUA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika pada materi Geometri Dimensi Dua dalam rangka memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Ponorogo berdasarkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sugiyono dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan hasil akhir. Uji coba produk dalam penelitian dilakukan secara terbatas yaitu pada 10 siswa SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Ponorogo kelas XI jurusan farmasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi modul, lembar angket respon siswa, dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) kelayakan isi modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 83,3%, kelayakan penyajian modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 85%, kelayakan bahasa modul mencapai kriteria valid dengan persentase 79,17%, kontekstual modul mencapai kriteria sangat valid dengan kriteria 87,5%, dan kelayakan kegrafikan modul mencapai kriteria valid sebesar 71,3%. (2) Hasil tes pemahaman konsep menunjukkan dari 10 responden, 7 responden mencapai kriteria baik dan 3 responden lainnya mencapai kriteria cukup baik. (3) Persentase respon siswa terhadap modul dari aspek ketertarikan memberikan tanggapan positif sebesar 90%, aspek materi sebesar 82%, dan aspek bahasa sebesar 80%. Dari berbagai hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul matematika dengan pendekatan kontekstual materi Geometri Dimensi Dua untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Ponorogo mencapai kriteria valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: modul, kontekstual, Geometri Dimensi Dua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:54
Last Modified: 17 Nov 2016 02:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item