FARDIANASARI, ARINI (2014) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MELAKUKAN OPERASI ALJABAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
artikel.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Masalah kesulitan siswa memahami materi aljabar dapat memicu terjadinya kesalahan saat menyelesaikan persoalan aljabar. Tujuan penelitian ini untuk menemukan jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam melakukan operasi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis Ponorogo selama dua bulan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIID berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sejumlah 28 siswa terlibat dalam kegiatan penelitian, dimana 5 diantaranya terpilih sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data mengacu pada konsep Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data hasil penelitian dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas dimana uji kredibilitas data dalam hal ini adalah pengujian paling utama yang dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan jenis-jenis kesalahan siswa dalam melakukan operasi aljabar antara lain (1) Kesalahan penerapan sifat operasi antar variabel; (2) Kesalahan penerapan sifat perkalian distribusi; (3) Kesalahan penafsiran kaidah pencoretan; (4) Kesalahan tidak menggabungkan suku sejenis; (5) Kesalahan tidak melakukan penyederhanaan pecahan; (6) Kesalahan pemahaman konsep operasi aljabar; (7) Kesalahan penerapan operasi hitung; (8) Kesalahan tidak menerapkan perkalian silang; (9) Kesalahan penulisan akibat kecerobohan; (10) Kesalahan menghilangkan data pada langkah penyelesaian. Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam melakukan operasi aljabar antara lain (1) Tidak memahami soal dengan baik; (2) Belum menguasai konsep operasi aljabar; (3) Kurangnya penguasaan materi prasyarat; (4) Tidak dapat memaknai variabel dengan benar; (5) Terjadi miskonsepsi saat menerima penjelasan guru; (6) Tidak cermat dalam membaca soal; (7) Tidak melakukan komputasi dengan tepat; (8) Tidak memperhatikan petunjuk soal; (9) Kecerobohan siswa saat mengerjakan soal; (10) Belum terampil menerapkan aturan perkalian distribusi. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Operasi Aljabar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 02:43 |
Last Modified: | 16 Apr 2014 02:43 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/271 |
Actions (login required)
View Item |