PENGARUH PERUBAHAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP EMISI GAS BUANG CO DAN HC PADA SEPEDA MOTOR HONDA REVO 110 CC TAHUN 2013 DENGAN BAHAN BAKAR LPG (LIQUEFIED PETROLEUM GAS)

YUDOPRIMARHENTO, BAWEGA (2016) PENGARUH PERUBAHAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP EMISI GAS BUANG CO DAN HC PADA SEPEDA MOTOR HONDA REVO 110 CC TAHUN 2013 DENGAN BAHAN BAKAR LPG (LIQUEFIED PETROLEUM GAS). Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh perubahan waktu pengapian (ignition timing) terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Revo 110 cc tahun 2013 dengan bahan bakar LPG. (2) Mengetahui besarnya emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor Revo 110 cc tahun 2013 dengan bahan bakar LPG waktu pengapian (ignition timing) 7, 10, 13 sebelum TMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian dilakukan di Laboratorium Otomotif Program Studi Teknik Mesin, UNMUH Ponorogo dengan alamat di Jalan Budi Utomo No.10, Ronowijayan, Ponorogo. Penggunakan alat gas analyzertype STARGAS 898 untuk menguji emisi gas buang CO dan HC. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Honda Revo 110 cc tahun 2013 dan sampel dalam penelitian ini adalah sepeda motor Honda Revo 110 cc tahun 2013 bernomor mesin JBE1E1616227. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Perubahan waktu pengapian (ignition timing) pada penggunaan bahan bakar LPG (Liquefied Petroleum Gas) berpengaruh pada hasil kadar emisi gas buang CO dan HC. (2) Kadar emisi gas buang CO dengan waktu pengapian 7 sebelum TMA sebesar 0,041%, kadar emisi gas buang CO dengan waktu pengapian 10 sebelum TMA sebesar 0,052%, sedangkan kadar emisi gas buang CO dengan waktu pengapian 13 sebelum TMA adalah 0,098%. (3) Kadar emisi gas buang HC dengan waktu pengapian 7 sebelum TMA sebesar 130 ppm, kadar emisi gas buang HC dengan waktu pengapian 10 sebelum TMA sebesar 272,67 ppm, sedangkan kadar emisi gas buang HC dengan waktu pengapian 13 sebelum TMA adalah 473,33 ppm. (4) Dengan waktu pengapian (ignition timing) 13 sebelum TMA meningkatkan hasil kadar emisi gas buang CO dan HC, sedangkan dengan waktu pengapian (ignition timing) 7 sebelum TMA akan menurunkan hasil kadar emisi gas buang CO dan HC tetapi juga akan menurunkan tenaga mesin. Kata Kunci: Liquefied Petroleum Gas (LPG), BBG, Waktu Pengapian (Ignition Timing), Emisi Gas Buang CO dan HC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: Yolan Priatna
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:33
Last Modified: 22 Nov 2016 03:33
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item