Avita Nurhidayah, Dwi (2016) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. pp. 500-510.
|
Text
Artikel Avita.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada penerapan Kurikulum 2013. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah ada beberapa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada penerapan Kurikulum 2013, hal ini yang menyebabkan prestasi belajar matematika yang dicapai kurang memuaskan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket atau kuesioner yang terdiri dari butir-butir pertanyaan yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) Faktor fisiologi, faktor sosial, faktor emosional, faktor intelektual, faktor pedagogik. 2) Upaya guru yang sudah dilakukan antara lain: pada setiap pembelajaran bertanya pada sisiwa tentang materi yang belum dipahami, menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar, membantu memperbaiki kebiasaan belajar siswa, memotivasi siswa setiap pembelajaran matematika. Kata kunci: Faktor kesulitan belajar, kurikulum 2013
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Proceeding |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 06:09 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 03:57 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2774 |
Actions (login required)
View Item |