PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP

Avita Nurhidayah, Dwi PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP. PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL--Dwi Avita N.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, motivasi berprestasi tinggi, sedang atau rendah, dan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik serta untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara motivasi berprestasi dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan faktorial 3x3 dengan sel tak sama dengan bantuan program minitab. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP se kecamatan kota Ponorogo, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo, SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo dan SMP Ma’arif Ponorogo yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, motivasi berprestasi sedang, dan motivasi berprestasi rendah memiliki prestasi belajar matematika yang berbeda. Dari uji lanjut pasca analisis variansi antar baris diperoleh: motivasi berprestasi tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada motivasi berprestasi sedang, motivasi berprestasi tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada motivasi berprestasi rendah, motivasi berprestasi sedang memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada motivasi berprestasi rendah. Ketiga tipe gaya belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar matematika, yaitu berdasarkan prestasi belajar matematika siswanya tidak ada perbedaan atau memberikan prestasi belajar yang sama.Tidak ada interaksi antara motivasi berprestasi dengan tipe gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Dengan demikian karena tidak ada interaksi, maka karakteristik perbedaan jenis gaya belajar siswa akan sama pada setiap motivasi berprestasi Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Gaya Belajar, Prestasi Siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 28 Nov 2016 06:12
Last Modified: 28 Nov 2016 06:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item