Nuryanto, Sidik (2016) BERKISAH METODE PENGUATAN NILAI KARAKTER ISLAMI PADA ANAK USIA DINI. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. ISSN 2460-0318
|
Image
COVER-SEMNAS-PKN-2016-DEPAN.jpg Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
46.-SIDIK-NURYANTO.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini tidak asing dengan istilah mendongeng maupun berkisah. Mendongeng merupakan aktivitas bercerita dengan mengangkat cerita fiktif yang berfungsi sebagai hiburan dan pendidikan karakter. Berbeda halnya dengan berkisah yang menggunakan cerita nyata untuk mempengaruhi pendengarnya supaya dapat meniru pesan moral yang terkandung di dalamnya. Berkisah merupakan metode mengajar yang perlu dimiliki bagi setiap pendidik anak usia dini. Melalui metode tersebut dapat menanamkan nilai karakter islami sejak dini. Karakter islami merupakan nilai-nilai karakter yang bersumber dari Al Quran dan Hadist. Pada tataran anak usia dini karakter islami tidak jauh berbeda dengan nilai karakter yang disarankan oleh pemerintah. Hanya saja implementasinya lebih memfokuskan pada amalan agama Islam. Pelaksanaan penguatan karakter islami pada anak dapat dimulai dengan memperkenalkan nilai karakter melalui kisah para Nabi, Rosul maupun para sahabat. Selanjutnya mengimplementasikan nilai karakter tersebut dalam kehidupan anak baik di sekolah maupun di rumah. Sehubungan dengan hal itu maka peran guru dan orangtua sangat penting untuk memberikan teladan dan memantau keberhasilan pendidikan karakter yang diterapkan. Kata Kunci: Berkisah, Karakter Islami, Anak Usia Dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Proceeding |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 06:58 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 06:58 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2836 |
Actions (login required)
View Item |