BERKISAH METODE PENGUATAN NILAI KARAKTER ISLAMI PADA ANAK USIA DINI

Nuryanto, Sidik (2016) BERKISAH METODE PENGUATAN NILAI KARAKTER ISLAMI PADA ANAK USIA DINI. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. ISSN 2460-0318

[img]
Preview
Image
COVER-SEMNAS-PKN-2016-DEPAN.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
46.-SIDIK-NURYANTO.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini tidak asing dengan istilah mendongeng maupun berkisah. Mendongeng merupakan aktivitas bercerita dengan mengangkat cerita fiktif yang berfungsi sebagai hiburan dan pendidikan karakter. Berbeda halnya dengan berkisah yang menggunakan cerita nyata untuk mempengaruhi pendengarnya supaya dapat meniru pesan moral yang terkandung di dalamnya. Berkisah merupakan metode mengajar yang perlu dimiliki bagi setiap pendidik anak usia dini. Melalui metode tersebut dapat menanamkan nilai karakter islami sejak dini. Karakter islami merupakan nilai-nilai karakter yang bersumber dari Al Quran dan Hadist. Pada tataran anak usia dini karakter islami tidak jauh berbeda dengan nilai karakter yang disarankan oleh pemerintah. Hanya saja implementasinya lebih memfokuskan pada amalan agama Islam. Pelaksanaan penguatan karakter islami pada anak dapat dimulai dengan memperkenalkan nilai karakter melalui kisah para Nabi, Rosul maupun para sahabat. Selanjutnya mengimplementasikan nilai karakter tersebut dalam kehidupan anak baik di sekolah maupun di rumah. Sehubungan dengan hal itu maka peran guru dan orangtua sangat penting untuk memberikan teladan dan memantau keberhasilan pendidikan karakter yang diterapkan. Kata Kunci: Berkisah, Karakter Islami, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Proceeding
Depositing User: Veri Setiawan
Date Deposited: 19 Dec 2016 06:58
Last Modified: 19 Dec 2016 06:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item